Minggu, 05 Juni 2011

Membangun Keterampilan Dasar Manajemen

Kemampuan manajemen bisnis adalah keterampilan yag harus terus menerus dilatih. Setiap keterampilan dalam manajemen memiliki jenjang yang berupa piramida keterampilan manajemen.Pada level piramida paling tinggi jumlahnya akan semakin sedikit, dibandingkan piramida dibawahnya. Dan untuk mencapai puncak piramida akan semakin sulit dalam menggapainya. Namun jika anda mau, tentu anda bisa memilikinya. Dalam mengelola bisnis usaha kecil diperlukan pula keterampilan manajemen yang senantiasa harus ditingkatkan dari waktu ke waktu.

Untuk mencapai keterampilan manajemen tingkat tertingi diawali dari keterampilan tingkat dasar terlebih dahulu. Secara garis besar pernah dibahas pada tulisan piramida keterampilan manajemen terdahulu. Berikut keterampilan dasar manajemen yang harus dikuasai untuk menuju level piramida berikutnya:

Plan
Planning atau perencanaan adalah langkah pertama dan paling penting dalam tugas manajemen. Ini paling sering diabaikan atau langkah yang sengaja dilewatkan. Sejumlah perencanaan dan detail pelaksanaan sangat perlu dilakukan dalam mencapai sukses bisnis. Kesuksesan tanpa rencana hanyalah keberuntungan saja, sedangkan keberuntungan porsinya sangat kecil sekali.

Organize
Seorang manajer harus mampu mengatur tim, tugas, dan proyek-proyek dalam rangka untuk mendapatkan pekerjaan tim dilakukan dengan cara yang paling efisien dan efektif. Sebagai manajer awal, Anda mungkin mengatur tim kerja kecil atau tim proyek. Keterampilan yang sama ini akan diperlukan nanti dalam karir Anda ketika Anda harus mengatur departemen atau divisi baru perusahaan.
Bila Anda mengorganisasi pekerjaan, yang perlu anda lakukan adalah :
• menentukan peran yang dibutuhkan,
• menetapkan tugas dengan peran,
• menentukan sumber daya terbaik (orang atau peralatan) untuk peran,
• memperoleh sumber daya dan mengalokasikan mereka ke peran, dan
• menetapkan sumber daya untuk mendelegasikan tugas dan wewenang dan tanggung jawab kepada mereka.

Direct/Mengarahkan
Mengarahkan adalah langkah untuk memastikan bahwa rencana sudah dapat dilaksanakan sesuai jalurnya. Selain itu anda juga harus memastikan tim anda mengetahui dengan pasti tujuan bisnis yang akan dijalankan. Dan memastikan semua berperan sesuai fungsinya.

Anda akan lebih efektif memimpin tim menuju tujuan Anda jika Anda memberikan dorongan kepada mereka (memimpin mereka) daripada memberi perintah. Lebih baik Anda memotivasi orang-orang dalam tim Anda dan membantu dan mengilhami mereka terhadap tujuan tim.

Kontrol
Pada langkah di atas, Anda telah merencanakan pekerjaan, mengorganisir sumber daya untuk mewujudkannya paling efisien, dan diarahkan tim untuk mulai bekerja. Pada langkah kontrol, Anda memonitor pekerjaan yang sedang dilakukan. Anda membandingkan kemajuan aktual dengan rencana tersebut. Anda memverifikasi bahwa organisasi bekerja seperti yang Anda dirancang itu.

Hal-hal yang perlu anda kontrol antara lain:
• Schedule, memastikan semua kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan jadwal
• Keuangan, memonitor alokasi keuangan, pengeluaran dan pemasukan
• Sumberdaya, memonitor dan memastikan semua sudah menjalankan fungsi seperti yang dikehendaki. Mengukur kinerja personalia dan lain-lain.
Menguasai keterampilan dasar manajemen pada level ini membantu anda bisa melaksanakan tugas sesuai dengan rencana yang ditetapkan.

Menguasai Piramida Keterampilan Manajemen

Dalam mengelola bisnis usaha kecil diperlukan keterampilan dalam hal manajemen. Sesederhana apapun atau sekecil apapun bisnis yang dijalankan memerlukan keterampilan dalam hal manajemen. Sebuah teori Struktur piramida Kammy Hatnes menunjukkan keterampilan manajemen dalam bentuk piramida. Pada tingkat tingkatan piramida semakin atas akan semakin sulit dipenuhi oleh setiap orang.

Namun begitu anda harus menguasai pada tiap tingkat dan juga untuk menampilkan bagaimana keterampilan manajemen membangun satu sama lain untuk membantu Anda mencapai kesuksesan dalam karier manajemen anda.

Piramida Keterampilan Manajemen

Piramida Keterampilan Manajemen Level 1
Level 1 dari Piramida Keterampilan Manajemen menunjukkan keterampilan dasar seorang manajer harus menguasai hanya untuk mendapatkan pekerjaan yang dilakukan. Ini adalah dasar-dasar pekerjaan manajemen:
• Plan
• Organize
• Direct
• Control

Piramida Keterampilan Manajemen Level 2
Setelah Anda menguasai keterampilan dasar dalam level 1, Anda perlu untuk melanjutkan dan mengembangkan keterampilan Anda pada Level 2 Piramida Keterampilan Manajemen . Ini adalah keterampilan manajemen yang Anda gunakan untuk mengembangkan staf Anda. Ada banyak keterampilan khusus yang diperlukan, dan ini dibahas di Level 2 Keterampilan Manajemen Piramida, namun mereka dikelompokkan ke dalam kategori:
• Motivasi
• Pelatihan dan Pelatihan
• Keterlibatan Karyawan

Piramida Keterampilan Manajemen , Level3
Bila Anda telah menjadi terampil dalam mengembangkan staf Anda, saatnya untuk fokus pada Tingkat 3 dari Piramida Keterampilan Manajemen, peningkatan pengembangan Anda sendiri. Keterampilan manajemen ini dikelompokkan sebagai:
• Manajemen Diri
• Manajemen Waktu

Manajemen waktu mendapat kategori sendiri karena hal tersebut sangat penting untuk keberhasilan Anda di semua keterampilan lain.

Piramida Keterampilan Manajemen , Top Level
Puncak Keterampilan Manajemen Piramida, keterampilan tunggal yang akan membantu Anda yang paling dalam keberhasilan pengembangan dalam karier manajemen Anda, adalah kepemimpinan. Ketika Anda mengembangkan keterampilan Anda sebagai pemimpin, ketika Anda melakukan transisi dari manajer untuk pemimpin, Anda akan mencapai keberhasilan yang Anda inginkan dalam karier manajemen Anda.(Galeriukm).

Keterampilan Membangun Tim

Menjalankan bisnis dalam level apapun, termasuk bisnis ukm tidak lepas dari kerja tim yang solid dan handal. Bisnis pribadi yang mulai tumbuh dan berkembang menuntut memerlukan penambahan sumberdaya dan personal untuk menjalankan usaha anda. Dalam kondisi demikian keterampilan anda membangun tim yang kuat sangat menentukan keberhasilan bisnis anda. Jika keterampilan manajemen dasar sudah anda kuasai, maka selanjutnya anda perlu mengasai tingkatan lebih lanjut yaitu keterampilan membangun tim.

Keterampilan membangun tim berada pada level kedua piramida keterampilan manajemen. Ada tiga hal yang harus dikuasai dalam membangun kekuatan team work yaitu motivasi, pelatihan dan pembinaan, dan keterlibatan karyawan dan dibahas secara terpisah secara rinci berikut ini.

Motivasi
Hal mendasar dalam dalam manajemen tim adalah kemampuan anda memberikan motivasi kepada anggota tim. Anda tidak dapat mencapai tujuan Anda sebagai seorang manajer, kecuali tim Anda termotivasi untuk melakukan, untuk memproduksi, untuk memberikan hasil yang Anda butuhkan. Setiap anggota tim memiliki karakteristik yang berbeda dan untuk memotivasi masing-masing anggota tim membutuhkan pendekatan yang berbeda.

Pelatihan dan Pembinaan
Anda harus mampu mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dari anggota tim Anda dan bisa mendapatkan pelatihan itu bagi mereka. Dan Anda perlu pelatih semua anggota tim Anda, bahkan yang terlatih, untuk membantu mereka mencapai tingkat kinerja terbaik mereka.

Keterlibatan Karyawan
Semua pelatihan yang kita lakukan , semua motivasi adalah untuk membangun semangat anggota tim yang pada akhirnya bertujuan meningkatkan keterlibatan karyawan. Jika karyawan Anda tidak terlibat, Anda tidak akan mendapatkan kinerja terbaik mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar