Sabtu, 28 Mei 2011

Belajarlah dari Mr. Jack Welch

“Visi kami adalah membuat perusahaan yang paling kompetitif di dunia.” (Jack Welch)

Sasaran Jack Welch adalah membuat GE (General Electric) menjadi perusahaan “paling kompetitif di dunia.” Ia tahu untuk mentransformasikan mimpi itu menjadi kenyataan, mau tak mau diperlukan “revolusi.” Model bisnis perusahaan-perusahaan Amerika pada tahun 1980-an tidak pernah berubah selama beberapa dekade.

Karyawan bekerja, para manajer mengelola, dan setiap orang tahu tempatnya masing-masing. Formulir-formulir, persetujuan dari atasan dan birokrasi adalah kenyataan sehari-hari di perusahaan saat itu.

Revolusi yang dikumandangkan Welch berarti melancarkan perang terhadap cara kuno dalam GE bertindak dan menemukan kembali perushaaan mulai dari atas hingga bawah. Kini, GE dengan budaya belajarnya yang unik dan organisasi tanpa birokarasi (boundaryless organization) merupakan perusahaan paling disegani di dunia.

Teknik dan gagasan yang telah diterapkan Welch untuk membawa GE maju mudah dipraktekkan di perusahaan lain, baik yang berukuran kecil, menengah, besar.

Model manajemen Jack Welch dibagi ke dalam empat kelompok. Pelajaran 1-10: Bertindaklah sebagai Pemimpin, bukan sebagai Manajer. Pelajaran 11-15, Membangun Organisasi Pemenang. Pelajaran 16-20, Mengasah Karyawan untuk Memperoleh keunggulan Kompetitif. Pelajaran 21-25, Menjadikan Perusahaan yang Memimpin Pasar.

JADILAH PEMIMPIN, KETIMBANG MANAJER (LEAD MORE, MANAGE LESS)
1. PEMIMPIN SEBAGAI INSPIRATOR
Pemimpin adalah orang yang menginspirasi dengan visi jelas tentang bagaimana sesuatu hal dapat dilakukan secara lebih baik, “yang kami butuhkan adalah pemimpin dari erbagi jenjang yang dapat memberi tenaga, menyenangkan dan memberi inspirasi dan bukan melemahkan, menekan dan mengontrol.”

Ciptakan visi dan kemudian nyalakan organisasi Anda untuk membuat Visi menjadi kenyataan. Buat orang agar senang dengan apa yang mereka lakukan sehingga mereka tidak perlu menunggu untuk melaksanakan sesuatu. Tetaplah bertenaga, semangat berkompetisi dan mampu mengalirkan kegembiraan dan mencapai hasil. Carilah pemimpin yang memiliki kualifikasi sama.

Fokus pada hal-hal strategik. Tugas Anda adalah memahami hal stratejik dalam setiap bisnis. Tahu orang-orang berbakat yang diperlukan untuk memenangkan pasar dan jumlah modal yang diperlukan. Dan berani bertaruh.

Jangan terjebak pada hal mikro. Tugas Anda adalah melihat gambaran yang lebih besar. Jangan mengurusi setiap detil. Jangan terjebak pada hal-hal kecil atau tergoda melakukan setiap detil, tapi inspirasi orang lain untuk melaksanakan visi Anda.

Kelilingi diri Anda dengan orang-orang pintar dan biarkan mereka melakukan tugasnya dan memberikan yang terbaik bagi organisasi. Libatkan setiap orang dan sambutlah ide-ide besar dari mana pun. Setiap orang dapat menjadi pemimpin, sesuai dengan kontribusinya, dan hal paling berarti bagi setiap orang adalah datang dengan ide-idenya yang bagus. Bisnis adalah soal bagaimana mendapatkan ide terbaik dari setiap orang.

Gagasan-gagasan baru merupakan darah segar bagi organisasi, bahan bakar yang membuatnya terus bergerak ”pahlawan adalah dia yang membawa gagasan-gagasan baru.” tidak ada hal yang lebih penting bagi organisasi dibandingkan mengekspresikan gagasan dan menciptakan visi.

Memimpinlah dengan contoh. Untuk membuat orang lain berprestasi, Anda harus memberi contoh. Penguasaan Jack Welch tentang kepemimpinan 4 E: Energy, Energize, Edge, and Execution, selalu ia perlihatkan, ia memiliki energi yang hebat, menggerakkan orang lain, memiliki semangat bersaing yang luar biasa, dan memiliki rekor eksekusi yang tidak ada duannya. Inilah kunci dari fenomena Jack Welch.

2. MANAGE LESS
”Kami selalu terkesima oleh banyaknya orang yang melakukan tugas tanpa harus diminta oleh manajemen.” Dalam ekonomi yang digerakkan oleh pengetahuan (Knowledge-Driven Economy), orang harus membuat keputusannya sendiri. Sedikit manajamen adalah lebih baik. Pengawasan yang terlampau ketat, pengendalian dan birokrasi akan membunuh semangat kompetisi dalam perusahaan, ”Manajer yang lemah biasanya hanya mematikan bisnis: mereka membunuh pekerjaan. Anda tidak dapat membangkitkan rasa percaya diri karyawan.”

3. NYATAKAN VISI ANDA DALAM KATA-KATA
Para pemimpim menginspirasikan orang dengan visi yang jelas tentang bagaimana sesuatu hal dapat dikerjakan dengan cara lebih baik,” Pemimpin yang baik tidak perlu memberi instruksi tahap demi setahap bagi bawahannya. Pemipin yang baik adalah mereka yang memiliki gagasan-gagasan baru, dan mengartikulasikan suatu visi sehingga membuat orang lain bertindak.

4. SEDERHANAKAN
Membuat suatu hal menjadi sederhana merupakan salah satu kunci bisnis.
Pesan yang singkat akan menjalar dengan lebih cepat, rancangan yang sederhana akan mencapai pasar lebih cepat dan menghilangkan benang kusut akan memungkinkan pangambilan keputusan secara cepat.”

5. JANGAN TERLALU FORMAL
Anda harus menyadari sekarang, betapa pentingnya memelihara informalitas perusahaan yang dapat mendorong pelatihan di kelas menjadi ajang penyampaian hal-hal yang bahkan menantang gagasan atasan.

6. MENULARKAN SEMANGAT KEPADA ORANG LAIN
Kepemimpinan sejati bermula dari kualitas visi dan kemampuan Anda menggerakkan orang lain untuk mencapai prestasi yang tidak biasa. Membuat karyawan gembira dengan apa yang dikerjakannya adalah kunci menjadi pemimpin bisnis yang besar. ”Kami sekarang tahu dimana produktivitas- yang nyata dan tak terbatas- berasal. Ia berasal dari tantangan, pemberdayaan, kegembiraan dan tim yang dihargai.”

7. HADAPI KENYATAAN
Hadapi kenyataan lalu bertindaklah secara menyakinkan. Banyak kesalahan yang dibuat pemimpin terjadi karena mereka tidak mau menghadapai kenyataaan dan bertindak berdasarkan kenyataan. Menghadapi kenyataan sering berarti mengatakan dan melakukan hal yang tidak populer, tapi hanya dengan merangkul kenyataan seseorang bisa membuat sesuatu menjadi lebih baik.

8. PERUBAHAN SEBAGAI SUATU PELUANG
Perubahan adalah bagian terbesar dalam suatu bisnis. ”Kesediaan berubah merupakan suatu kekuatan, termasuk seandainya harus menimbulkan kebingungan pada sebagian orang dalam organisasi untuk sementara waktu….
Senantiasa mengarahkan mata untuk perubahan adalah menggembirakan dan menyenangkan.

9. DAPATKAN GAGASAN CEMERLANG DARI MANAPUN
Gagasan baru adalah darah segar bagi bisnis. ”Asumsi yang berlaku hari ini adalah bahwa sesorang, di manapun, memiliki ide yang lebih baik; dan keharusan yang berlaku adalah menemukan siapa yang memiliki gagasan lebih baik, pelajari, dan laksanakan, segera.”

10. TINDAK LANJUT
Jangan lupa menindaklanjuti segala sesuatu. Tindak lanjut merupakan salah satu ukuran sukses bisnis. Tindak lanjut dari strategi bisnis akan meratakan jalan bagi sukses.
MEMBANGUN ORGANISASI PEMENANG

11. TINGGALKAN BIROKRASI
Cara untuk membangkitkan kekuatan orang adalah dengan ”membuatnya bebas, dan menghapus jenjang manajemen di belakangnya, belenggu birokrasi pada kaki mereka dan hambatan fungsional di luar dirinya.”
Birokrasi adalah musuh. Ia ”benci pada perubahan, ngeri dengan kecepatan dan kesederhanaan.”

Buang pekerjaan yang tidak perlu. Jenjang-jenjang tidak perlu sebaiknya dihapus, ciptakan organisasi datar yang responsif. ”Setiap jenjang adalah jenjang yang buruk. Dunia ini sedang mengarah pada satu fase bahwa pengendalian menjadi sesuatu yang semakin terbatas. Ia akan menghambat Anda.”

Lakukan segala sesuatu yang dapat Anda sederhanakan, hilangkan kempleksitas dari formalitas, dan buat organisasi lebih responsif dan lincah. Penyerbukan silang untuk membuat keputusan lebih cepat dan lebih baik. Hilangkan alat dan dokumen yang menghambat munculnya ide-ide orisinil.

Dorong karyawan untuk mengidentifikasi masalah dan menemukan pemecahannya. Tekan manajer yang mencoba menghalang-halangi upaya karyawan tersebut, jika perlu singkirkan manajer tersebut ke luar perusahaan.

Buat suasana kerja menjadi lebih informal. ”Kirimkan catatan dengan menggunakan tulisan tangan daripada memo, buat rapat-rapat menjadi semacam percakapan, dan dorong terjadinya dialog dari atas ke bawah dalam berbagai level organisasi.”

12. HAPUSKAN BATAS-BATAS
Untuk menjamin seriap orang mencapai hal-hal yang tidak mungkin, pimpinan harus menghapus kemungkinan segala rintangan yang akan menghambat.

”Boundarylessness” adalah menggambarkan suatu organisasi terbuka yang bebas dari birokrasi dan segala sesuatu yang menghambat aliran ide, orang, keputusan, dsbnya. Informalitas, kegembiraan, dan kecepatan adalah hal-hal yang ditemukan dalam organisasi tanpa birokrasi (boundaryless organization).

13. LETAKKAN NILAI-NILAI SEBAGAI HAL UTAMA
Jangan terlalu menekankan pada angka. ”Angka bukanlah visi; angka adalah hasil.” Konsentrasikan lebih kepada nilai-nilai yang lebih lembut dalam membangun tim, pertukaran gagasan, upaya menyenangkan pihak lain.

14. MENGASAH PARA PEMIMPIN
Asahlah para pemimpin yang memiliki kepemimpinan empat E: Energy, Energize, Edge, and Execution; pemimpin yang menularkan nilai-nilai perusahaan dan memiliki tanggungjawab.

15 CIPTAKAN BUDAYA BELAJAR
Ubah perusahaan Anda menjadi suatu organisasi pembelajar yang memungkinkan aliran komunikasi dan gagasan secara bebas. ”Hasrat, dan kemampuan organisasi untuk terus belajar dari sumber manapun, di mana pun – dan segera mengubah hasil belajar ini menjadi aksi – merupakan puncak dari keunggulan kompetitifnya.
ASAH ORANG ANDA UNTUK MENDAPATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIFNYA

16. MELIBATKAN SETIAP ORANG
Bisnis adalah soal memanfaatkan kemampuan intelektual setiap orang, soal menimbulkan antusiasme yang memungkinkan karyawan lebih bebas dan lebih bertanggungjawab.

17. SETIAP ORANG ADALAH ANGGOTA TIM
Para manajer harus belajar menjadi anggota tim. Manajer menengah harus menjadi anggota tim dan pelatih. Ambil tindakan terhadap para manajer yang tidak bersedia belajar menjadi anggota tim.

18. JANGKAUAN
”Kami telah menemukan bahwa dengan mencapai yang tampaknya tidak mungkin, sering kali kami melakukan hal-hal yang tidak mungkin; dan bahkan ketika kami tidak cukup mampu melakukannya, kami telah bekerja lebih baik dari yang semestinya.”

19. TANAMKAN PERCAYA DIRI
Ciptakan suatu angkatan kerja yang betul-betul percaya diri. Percaya diri merupakan bahan baku penting setiap organisasi pembelajar. Resep untuk menang adalah kecepatan, kesederhanaan, dan percaya diri.

Orang yang memiliki percaya diri terbuka terhadap gagasan-gagasan baru tanpa mempedulikan dari mana sumbernya dan bersedia berbagi. ”Seperti halnya kecepatan mengalir dari kesederhanaan, kesederhanaan berakhir pada percaya diri.”

20. BERSENANG-SENANGLAH
Sebaiknya setiap orang melakukan pekerjaaan yang ia senangi. Jika Anda tidak bersemangat dan gembira mengatasi suatu tantangan, mungkin Anda tidak sedang mengerjakan yang tidak cocok.
MENJADIKAN PERUSAHAAN YANG MEMIMPIN PASAR

21. JADILAH NOMOR SATU ATAU NOMOR DUA
”Jika Anda nomor empat atau lima di pasar, ketika nomor satu bersin Anda menderita radang paru-paru. Kalau Anda nomor satu, maka Anda mengendalikan masa depan. Mereka yang rangking empat disarankan merger; mereka menghadapi masa sulit. Tentu saja berbeda antara menjadi nomor empat dibandingkan dengan dia yang dapat menentukan masa depannya sendiri. Anda harus mencari mitra stratejik untuk menjadikan lebih kuat. Tetapi banyak bisnis-bisnis GE yang nomor satu.”

Para pemenang dan pemimpin pasar adalah mereka yang bersikeras menjadi nomor satu atau dua dari sisi kecepatan , kerampingan, biaya terendah di dunia, penghasil barang dan jasa kelas dunia dan dia yang memiliki keunggulan teknologi yang jelas atau keunggulan kompetitif yang jelas di ceruk pasar.

Kirim pesan ke seluruh organisasi tentang arti nomor satu atau dua. Jangan biarkan orang menduga-duga tentang strategi nomor satu atau dua yang Anda canangkan. Jelaskan kepada setiap orang bahwa perusahaan Anda memiliki fokus dan tujuan dan ingin menjadi perusahaan paling kompetitif.

Tetapkan standar tertinggi dan pastikan setiap orang di dalam organisasi Anda memenuhi standar tersebut. Mereka yang setengah-setengah akan tertinggal. Jangan puas setelah sama dengan pesaing-sasaran harus lebih tinggi. Jika pendapatan Anda sembilan dan pesaing tujuh, Anda melakukan yang benar. Tapi dapatkah Anda memperoleh lima belas?
Usahakan agar terjadi lompatan kuantum. Lakukan gerakan mengejutkan – guncangkan pesaing Anda. Untuk melakukan lompatan kuantum diperlukan kejutan, keberanian dan guncangan. Hindari kegemukan.

Ciptakan kombinasi sinergis di antara bisnis-bisnis yang bagus. Pusatkan perhatian pada kekuatan inti, dan tinggalkan bisnis lemah yang akan menghambat kemajuan keseluruhan.

22. HIDUPKAN KUALITAS
”Kami ingin mengubah peta persaingan dengan tidak sekadar lebih dari pesaing, tapi ingin membawa mutu ke tingkatan baru. Kami ingin membuat mutu kami menjadi begitu spesial, begitu bernilai bagi pelanggan, begitu penting bagi sukses mereka sehingga produk kami menjadi satu-satunya pilihan.”

23. TETAPLAH FOKUS PADA INOVASI
”Anda harus tetap fokus melakukan inovasi, karena pesaing terus bertambah. Anda harus menghasilkan lebih banyak dengan biaya yang semakin berkurang lewat modal intelektual. Lupakan peningkatan setahap demi setahap, dan mulailah melakukan lompatan kuantum.”
Kini segalanya harus lebih terdidik. Lebih banyak pengetahuan informasi, kecepatan yang lebih tinggi, dan teknologi di seluruh jajaran.

24. BERLAKULAH SEPERTI PERUSAHAAN KECIL
Perusahaan kecil memiliki keunggulan kompetitif yang tinggi. Mereka tidak kusut, sederhana, informal. Mereka membangkitkan keinginan yang besar dan menertawakan birokrasi. Perusahaan kecil dibangun dari gagasan yang bagus – meskipun suberdayanya sedikit. Ia membutuhkan setiap orang, melibatkan setiap orang, dan menghargai atau memindahkan orang sesuai kontribusinya bagi perusahaan.
”Perusahaan kecil memimpikan impian besar dan menetapkan sasaran tinggi – peningkatan setahap demi setahap dan remahan tidak menarik perhatiannya.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar